Percakapan Dasar Bahasa Jerman Bagian 2

DISCLAIMER: Tulisan dibawah ditulis dengan sepenuh dan senang hati, tapi tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sepertinya sih masih banyak salahnya. Qiqiqiq.. Maaf.. Kita kan sama-sama masih belajar.*ngeles, hehe*. :mrgreen: Kalau ada yang mengerti tulisan yang tepat, akan senang hati jika ada yang mau mengoreksinya. Hihihi.. :lol: Terima kasih sebelumnya. Danke.

Kemarin hari pertama les bahasa Jerman di Goethe Institut Bandung.. Ich finde Deutsch fantastisch.. Datang dengan modal nekat, tanpa bekal ilmu sama sekali. Benar-benar dari NOL. Hohoho.. Tapi menyenangkan… Senang… Senang.. Glücklich.. Enyaak… Enyaak… Enyaak…

Saya masuk kelas 1, kelas paling dasar. Berhubung padatnya acara *sok sibuk, ditimpuk Pak Guru*, saya memilih kelas dengan satu kali pertemuan per minggu, setiap Sabtu jam 13.00-18.00. Satu kelas ada 15 teman, ada yang masih SMA, kuliah S1, S2, kerja, bahkan ibu rumah tangga. Di hari pertama Pak Guru mengajarkan cara menyapa, memperkenalkan diri, berhitung, dan percakapan dasar lainnya.

Kata Pak Guru, begrüßusng (menyapa) bisa dengan:

Hallo!
Gutten Morgen! (Selamat Pagi)
Gutten Tag! (Selamat Siang)

Vorstellung (memperkenalkan diri) bisa dengan:

Ich heiße Ayu Hasyyati
Ich bin Ayu Hasyyati
Mein name ist Ayu Hasyyati

Nah, kalau mau perkenalan dengan teman baru bisa nanya-nanya dengan:

Wie heißen Sie? (Siapa nama Anda? – lebih formal)
Wie heißt du? (Siapa nama kamu? – lebih akrab)
Antworten (Jawabannya): Ich bin Ayu, Ich heiße Ayu Hasyyati
Wie geht es lhnen? (Apa kabar?)
Antworten (Jawabannya): Danke, sehr gut (Terima kasih, sangat baik)
Woher kommen Sie? (Darimana Anda datang?)
Antworten (Jawabannya): Ich komme aus Jakarta
Wo wohnst du? (Dimana kamu tinggal?)
Antworten (Jawabannya): Ich wohnen in Bandung

Jadi, kalau mau bikin paragraph perkenalan bisa kayak gini:

Guten Tag! Ich heiße Ayu Hasyyati. Ich bin 21 (einundzwanzig) Jahre alt. und die Student an der Intitut Teknologi Telkom in Bandung. Das ist in Indonesien. Ich studiere Informatikingenieurin und im 8 (acht) semester. Ich spricht Indonesisch, Englisch, und ein bisschen Deutsch. Ich komme aus Jakarta und wohnen in Bandung.

Hohohoho… Bisa ditebak kan artinya apa? Kata-kata yang digunakan diatas sudah familiar, disebutnya internationale wörter.

Setelah mulai belajar bahasa Jerman, jadi pingin les bahasa Perancis juga. Hehe. Soalnya kata Pak Guru, bahasa Perancis itu bahasanya kaum elite. Biar digolongkan kaum elite, makanya harus bisa bahasa Perancis. Qiqiqiq. Emang penting ya jadi elite? Hehehe :D

Bonjour! Je m’appelle Ayu! Comment ça va? :mrgreen:

Sekian cerita saya di hari pertama masuk les bahasa Jerman. Semoga les “Be a Spiderman” (alias CNAP, sama-sama buat jaringan, cuman bedanya yang satu buat ngerem, yang terakhir buat pusing.. Hehe..) nanti pagi akan menyenangkan juga. Hihihi.. Tadinya lagi belajar buat TA, tapi malah bikin postingan ini. Hehehe.

Auf Wiedersehen! (Selamat tinggal!) ;)

Lihat juga: Percakapan Dasar Bahasa Jerman Bagian 1

About these ads

45 comments on “Percakapan Dasar Bahasa Jerman Bagian 2

  1. @wirawan winarto:
    wah ada msp berkunjung.. hehe :mrgreen:
    hmm, klo lafalnya enakan dilancarin by listening,,
    huehue…
    Pak guru ngajarnya bentuk mulut harus dimonyong2in untuk mendapatkan aksen jerman..
    Jadi, klo lewat tulisan rada ribet..
    qiqiqiq.. *ngeles lagi* :D
    Tapi, baik pak akan ditambahin dikit2 deh,,
    hehe.. :mrgreen:

  2. wah bener tulisanya masih ada yg slh..
    nih aku benerin yah percakapan perkenalanya,sekalian aku latihan buat internship sem 6 dijerman pas interview..doakan iiiaaaa
    Vielen dank!

    Guten abend! Ich heiße rini putriani und meine fruende sagen rini oder poet zu mir. Ich bin 19 (neunzehn) Jahre alt. ich bin studentin an der Swiss German University in BSD. Ich studiere Communicator PR und im 4 (vier) semester. Ich spreche Indonesisch, Englisch, und Deutsch. Ich komme aus BSD und wohnen in Cilegon. und ich wohne allein in BSD. ich bin noch ledig. und danach ich gerne musik hore und ich koche gerne indonesisches essen. ich habe 2 (zwai) einen bruder. ich bin lustigerini..hehe…
    bis spater!

    haben sie fragen?

  3. wah bener tulisanya masih ada yg slh..
    nih aku benerin yah percakapan perkenalanya,sekalian aku latihan buat internship sem 6 dijerman pas interview..doakan iiiaaaa
    Vielen dank!

    Guten abend! Ich heiße rini putriani und meine fruende sagen rini oder poet zu mir. Ich bin 19 (neunzehn) Jahre alt. ich bin studentin an der Swiss German University in BSD. Ich studiere Communicator PR und im 4 (vier) semester. Ich spreche Indonesisch, Englisch, und Deutsch. Ich komme aus BSD und wohnen in Cilegon. und ich wohne allein in BSD. ich bin noch ledig. und danach ich gerne musik hore und ich koche gerne indonesisches essen. ich habe 2 (zwai) einen bruder. ich bin lustigerini..hehe…
    bis spater!

    haben sie fragen?

  4. @minna”:
    hehe.. arigatou.. :D
    alamat Goethe Bandung:
    Jl. L.L.R.E. Martadinata 48
    Bandung 40115
    Tel: +62 22 4236440
    Fax: +62 22 4204041

    gimana kabarnya pak Dasim ya?
    dah klamaan bolos nih,, hehehe
    makin blek’e aje deh :mrgreen:

  5. ich finde, dass deutsch fantastisch ist. :) ja, einverstanden! oh iya, klo ga salah, einbisschen, d sambung, bukan pisah.. keep contact ya.. kita sama2 belajar.. salam kenal

  6. Je ne peux pas parle allemand mais je tout veux apprendre l’allemand. L’allemand est jolie langue. Mais, c’est facile? Je comprend le francais et l’anglais, et ce sont facile.

  7. Comment vas-tu?Je vais bien,et toi?Ça va? Je suis paure,maigre,affable. Je m’appelle Tina,j’ai 16,J’habite avec grand-mere,à Berastagi.J’aime sport,internet,Panic At The Disco,musique(Musik),Technologie(Technick),Oreos que c’est bon! Je deteste le math,,Français,Chimie,et Histoire, J’nais pas de frere,J’ai deux soure(Schwester),J’ai deux chat,noir chat! Nois ou blancs,petit ou grands,rouse ou bruns,tous copains!Hahaha… Je ne célèbre,Je ne beau…. Au revoir!

  8. ne bahasa jawa ono opoooooooo siremu
    ne bahasa sunda aduh eneng bade kamana
    ne bahasa batak horassssssssssssssss
    ne bahasa tarjan auooooooooooooooooooooo
    ne bahasa gw banget gak tau deh
    hehhehehhe
    gw pecinta bahasa indonesia
    ^_^salam damai dan gokil

  9. guten abend. ich heisse Fitri. ich moche sprechen Deutch, aber nur einige Worter ich gewusst hat.
    hi.. rinni putria..
    deutschx bgs jg… btw, bagi donk cerita2 menarik pke bhasa jerman.

  10. Haha jujur saya meski sudah membaca artikel ini dua kali tapi saya tetap tidak mengerti.. Mmm.. I don’t think that I can speak German.. Aku cuman bisa ich liebe dich aja haha :D
    Biarin lah daripada ga bisa sama sekali :)

  11. Hello,Ich bin Lilies und ich atte den frueheren Deutschkurz am Goethe institute in jakarta,,,,hehehe bru itu aja….singkat nya aku mau cri kursus bhsa German yg di cilegon ada ga yah?….info dong teman2
    bis bald _danke _

  12. Guten Tag, hoffentlich ist alles in Ordnung.
    Ralat :
    Tertulis : Ich wohnen in Bandung –>seharusnya : Ich wohne in Bandung
    Ich spricht Deutcsh –> seharusnya : Ich spreche Deutcsh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s